Powered by Blogger.
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Siapkah Buah Hati Mencoba Makanan Pendukung ASI?

Selain ASI (Air Susu Ibu), saat usia 4 - 6 bulan merupakan waktu yang tepat untuk buah hati mencoba makanan selain ASI. Namun, sebelum mencoba makanan selain asi, pastikan si kecil sudah mulai bisa duduk ya bunda. Jika belum bisa duduk, dapat memakai bantuan dengan digendong atau baby walker.

Siapkah Buah Hati Mencoba Makanan Pendukung ASI

Untuk memperkenalkan makanan selain ASI, pertama - tama Anda dapat memberikannya cereal yang dicampur dengan ASI maupun susu formula. Ingat! Tujuan kita adalah mengenalkan makanan pendukung selain ASI, bukan mengganti secara total. Gunakan bahan tersebut untuk membiasakan buah hati Anda dengant tekstur makanan baru.

Selain tekstur makanan, buah hati Anda juga perlu terbiasa dengan metode baru. Perlu waktu untuk membiasakan si buah hati makan dengan menggunakan sendok. Gunakan bahan alat makan yang aman untuk si kecil ya bunda.

Sebisa mungkin bunda menghindari susu sapi (bukan susu formula) dan madu. Sebagian besar dokter anak tidak menyarankan anak dibawah 2 tahun diberi susu sapi dan madu, karena pencernaan si buah hati belum siap menerima bahan makanan ini. Hal ini juga untuk menghindari resiko botulisme (penyakit yang menyebabkan kekakuan otot yang terkadang bersifat fatal).

Pastikan juga bunda jangan memaksa si buah hati makan diluar batas keinginannya. Jika telah selesai dengan makanannya, biasanya si buah hati memberikan tanda dengan memain-mainkan alat makannya, memalingkan muka, menutup mulutnya, maupun menangis. Berhenti memberinya makan jika hal ini terjadi.

Tips terakhir untuk bunda adalah sabar. Karena tidak semua anak dapat langsung menerima makanan selain ASI. Bunda butuh mencoba beberapa kali sampai si buah hati siap menerima makanan lain selain ASI.

Demikian info dan tips sederhana semoga dapat bermanfaat untuk bunda yang mulai mencoba memberikan makanan pendukung ASI.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Siapkah Buah Hati Mencoba Makanan Pendukung ASI? di blog Bayi Sehat Kita jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :